Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 2 CANGKREPLOR PURWOREJO

Niken Handayani, Niken (Unknown)
Arum Ratnaningsih (Unknown)
Nur Ngazizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Cangkreplor. Fokus penelitian meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf kapital, (2) kesalahan pemilihan kosakata baku, dan (3) kesalahan penggunaan tanda baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui kartu data. Sumber data berupa karangan narasi siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan huruf kapital mencapai 201 kasus dengan skor interval 73% (kategori tinggi). Kesalahan pemilihan kosakata baku berjumlah 68 kasus dengan skor 7% (kategori sangat rendah). Sementara itu, kesalahan tanda baca ditemukan sebanyak 188 kasus dengan skor 85% (kategori tinggi). Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan kaidah ejaan yang baik dan benar, khususnya pada aspek penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan narasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...