Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Cangkreplor. Fokus penelitian meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf kapital, (2) kesalahan pemilihan kosakata baku, dan (3) kesalahan penggunaan tanda baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui kartu data. Sumber data berupa karangan narasi siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan huruf kapital mencapai 201 kasus dengan skor interval 73% (kategori tinggi). Kesalahan pemilihan kosakata baku berjumlah 68 kasus dengan skor 7% (kategori sangat rendah). Sementara itu, kesalahan tanda baca ditemukan sebanyak 188 kasus dengan skor 85% (kategori tinggi). Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan kaidah ejaan yang baik dan benar, khususnya pada aspek penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan narasi.
Copyrights © 2025