Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Model Pembelajaran Team Games Tournament di Kelas VIII.3

Rohmah, Dwi Indah Ayu (Unknown)
Alfiandra (Unknown)
Reni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VIII.3 SMP Negeri 26 Palembang. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik, yang tercermin dari kurangnya partisipasi, rendahnya semangat belajar, serta lemahnya kerja sama dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 37,5% peserta didik yang menunjukkan motivasi tinggi. Setelah siklus I, meningkat menjadi 59,4%, dan pada siklus II mencapai 84,3%. Temuan ini menunjukkan bahwa model TGT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan kompetitif secara sehat. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model TGT sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan lebih lanjut dengan pendekatan lain untuk hasil yang lebih menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...