Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap peningkatan keterampilan membaca peserta didik kelas 1 SDIT Al-Baariq. Keterampilan membaca merupakan aspek fundamental dalam proses pembelajaran, terutama di tingkat sekolah dasar, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IC sebagai kelas kontrol di mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media buku cerita bergambar, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan membaca siswa di kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 49,05 sebelum perlakuan menjadi 83,6 setelah perlakuan. Uji-t menunjukkan bahwa thitung (55,368) lebih besar dari ttabel (2,10092), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, buku cerita bergambar dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah.
Copyrights © 2025