Perkembangan dunia digital saat ini sudah memasuki dunia pendidikan khususnya sekolah dasar. Salah satu tantangan dalam perkembangan digital khususnya bagi guru dan siswa adalah cyberbullying. Cyberbullying dapat dicegah melalui kemampuan literasi digital karena mampu menciptakan pola pikir dan pandangan yang kritis dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran literasi digital dalam mencegah cyberbullying di SDN Seberang Masjid 1 Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan yang ada pada penelitian ini yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa literasi digital memiliki peranan penting dalam mencegah dan menangani cyberbullying di lingkungan sekolah. Partisipan dalam penelitian ini baik dari guru dan siswa umumnya sudah memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan teknologi, berkomunikasi secara efektif dan etis melalui media digital, serta mampu memilah dan menganalisis informasi yang relevan maupun berbahaya sebelum membagikannya.
Copyrights © 2025