Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

REVIEW LITERATUR : PENGGUNAAN SIMULASI FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

Maisaroh, Mukholiffatul (Unknown)
Ishafit (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereview literatur terkait penggunaan simulasi fisika dalam pembelajaran fisika di SMA. Metode yang digunakan adalah literature review dengan jenis narrative literature review (NLR) yang disusun secara eksplisit, sistematis dan replicable yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hasil penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara trianggulasi (gabungan) berupa kajian pustaka dari ilmiah, jurnal dan sumber literatur relevan lainnya. Data dianalisis secara deskriptif-induktif untuk mengevaluasi potensi dan kegunaan media dalam pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi fisika seperti PhET Simulation, Physic Classroom, Crocodile Physics, Olabs dan Modellus mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa yang abstrak, keterampilan proses sains serta motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, simulasi fisika terbukti menjadi inovasi pembelajaran yang potensial dalam mendukung pembelajaran fisika yang interaktif, menarik dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...