Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan gerak dasar manipulatif pada siswa kelas V-B di SD Negeri Babatan IV/459 Surabaya dengan menggunakan permainan bola halilintar. Sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif bersama guru PJOK. Tahapan proses penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang memiliki empat kegiatan utama: perencanaan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi, sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif selama pelaksanaan tes dari setiap siklus, dengan hasil yang disajikan berupa deskripsi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 45%, pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase 62%, dan pada siklus II mendapatkan rata-rata sebesar 83% yang berarti sudah memenuhi target yang diinginkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan permainan bola halilintar dapat meningkatkan gerak dasar manipulatif pada pembelajaran PJOK.
Copyrights © 2025