Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 03 (2023): Volume 08 No. 3 September 2023

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika

Ika Nurwulandari (Unknown)
Kadi Sukarna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi abad 21, menuntut manusia memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pada dunia pendidikan, HOTS merupakan kemampuan berpikir peserta didk yang tidak hanya mengingat tetapi juga diharapkan untuk dapat mengembangkan ide. Penelitian deksriptif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengetahui kendala dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika peserta didk kelas V. Data tersebut dikumpulkan dengan memberikan tes uraian dan wawancara kepada 85 peserta didk. Hasil analisis PAP pada skor akhir tes menunjukkan seabanyak 45 peserta didk (53%) memiliki Kemampuan Berpikir HOTS Cukup. Bagian selanjutnya melalui analisis isi, hasil wawancara menunjukkan terdapat 53 peserta didk (62%) peserta didk mengalami kendala pada proses membuat/membentuk kalimat matematika. Bersumber pada hal tersebut dapat disimpulkan peserta didk kelas V SDN 1 Gondangrejo cenderung memiliki kemampuan berpikir HOTS cukup serta masih rendah dalam menajawab soal dengan ranah kognitif C6, sedangkan kendala peserta didk terdapat pada proses membuat/membentuk kalimat matematika. Simpulan yang diperoleh berimplikasi pada peningkatan kemampuan berpikir peserta didk tiap tingkat ranah kognitif melalui penilaian berbasis HOTS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...