Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Among Pada Pembelajaran IPS Di MTs NW Pringgabaya

Budiman (Unknown)
Qanisma Ainindri (Unknown)
Ashfia Ruhama (Unknown)
M. Fathul Hadi (Unknown)
Rian Prawijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Dalam penelitian ini tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menerapkan metode among pada mata pelajaran IPS, untuk mengetahui hambatan yang di alami guru dalam menerapkan metode among serta solusi dalam mengatasi hambatan dalam menerapkan metode among di MTs NW Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan tiga tekhnik pengumpulan data. Yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data di susun melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan peneliti di lapangan menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan metode among pada mata pelajaran IPS adalah pamong harus mempunyai pendekatan yang besifat kekeluargaan karena siswa dan guru memiliki hubungan yang di bangun atas dasar cinta dan kepercayaan, dan sebagai guru juga harus memberikan contoh yang baik terhadap murid-muridnya, serta memberikan semangat, semangat belajar semangat berbuat baik dan hambatan yang dialami guru dalam menerapkan metode among pada mata pelajaran IPS kurangnya kemapuan guru dalam menggunakan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK), kurangnya minat belajar dan kurangnya dukungan dari orang tua. Serta solusi yang di gunakan dalam mengatasi hambatan tersebut yakni guru perlu pendekatan yang lebih personal dan memahami karakteristik individu peserta didik, guru perlu mempelajari dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK), perlunya dorongan dari guru dan orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...