Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi pecahan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis permainan kartu untuk siswa kelas V, mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan, mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran, dan mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berdiferensiasi berbasis permainan kartu terbukti valid dan praktis untuk digunakan. Media ini juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Namun, ditemukan beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi. Temuan menunjukkan bahwa Kartu Pintar memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang efektif, namun memerlukan perbaikan signifikan terkait akurasi jawaban dan kejelasan penyajian konsep. Secara khusus, pemahaman siswa terhadap nilai tempat dalam pecahan desimal, konsep pecahan senilai, dan penyederhanaan pecahan masih menjadi tantangan. Rekomendasi dari guru dan siswa untuk peningkatan media pembelajaran meliputi penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang lebih disesuaikan dengan karakteristik siswa melalui penambahan video atau lagu, pengaitan materi pecahan dengan konteks kehidupan sehari-hari, kolaborasi permainan kartu dengan metode jigsaw, dan penyesuaian jumlah kartu "Ayo Belajar".
Copyrights © 2025