Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengkaji keefektifan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Galesong Selatan, Takalar. Penelitian yang melibatkan 32 peserta didik ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan dan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah penerapan model Picture and Picture. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata hanya 63,34 dengan persentase ketuntasan sebesar 25%. Setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,06 (ketuntasan 53,12%), dan pada siklus II mencapai 85,03 (ketuntasan 84,37%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar baik pada nilai rata-rata maupun persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar. Temuan ini memiliki implikasi positif bagi penerapan model pembelajaran inovatif dan visual untuk meningkatkan kualitas pengajaran agama di sekolah. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengkaji penerapan model ini pada mata pelajaran dan jenjang kelas lainnya.
Copyrights © 2025