Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri Malangrejo. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri Malangrejo. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kartu pencatat data, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan kartu pencatat data. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita bilangan cacah berdasarkan teori Newman terbagi dalam kategori kesalahan tinggi, sedang, dan rendah. Siswa kategori kesalahan tinggi kurang mampu dalam membaca, memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean. Siswa kategori sedang mampu keterampilan proses dan kurang mampu dalam membaca, memahami soal, transformasi, dan pengkodean. Kategori kesalahan rendah siswa mampu mencapai hampir semua indikator kemampuan pemecahan masalah Newman yaitu membaca, memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean. 2) Faktor yang mempengaruhi siswa yaitu, faktor internal meliputi kesehatan fisik, minat, dan motivasi serta faktor eksternal meliputi lingkungan fisik sekolah, lingkungan sosial kelas, dan lingkungan sosial keluarga. Kata Kunci: bilangan cacah, soal cerita, teori Newman
Copyrights © 2025