Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMAN 23 MAKASSAR

Anugrah, Hairul (Unknown)
Anwar, Muh Yunus (Unknown)
Sampurno, Bambang (Unknown)
Bunyamin, Andi (Unknown)
Sudarmono R, Muh Aidil (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengkaji efektivitas metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 23 Makassar. Dengan subjek penelitian 35 siswa, penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan rumus persentase dan rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa yang signifikan setelah penerapan metode Talaqqi. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa sebesar 48 (kategori kurang) dengan persentase ketuntasan hanya 34,28%. Setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 70,28 (kategori baik) dan persentase ketuntasan mencapai 68,57%. Peningkatan tersebut berlanjut pada siklus II, dengan nilai rata-rata sebesar 84,57 (kategori sangat baik) dan persentase ketuntasan mencapai 85,71%. Data tersebut membuktikan efektivitas metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Peningkatan yang signifikan di setiap siklus menunjukkan bahwa metode ini efektif dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merekomendasikan metode Talaqqi sebagai metode alternatif untuk pengajaran membaca Al-Qur'an di sekolah. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi penerapan metode ini di berbagai tingkatan dan jenjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...