Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN TATA TERTIB UNTUK PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN 1 SOKONG

Alvan Ikhsanul hardy (Unknown)
Muhammad Tahir (Unknown)
Muhammad Sobri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pelaksanaan tata tertib untuk penguatan karakter disiplin siswa di SDN 1 Sokong. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu guru menggunakan berbagai strategi dalam pelaksanaan tata tertib yaitu sosialisasi tata tertib, mengingatkan kembali, menasihati, memberikan hukuman yang bersifat mendidik serta melakukan kerjasama dengan orang tua siswa, hal tersebut dapat meningkatkan karakter disiplin siswa. Sedangkan ada beberapa kendala yang dihadapi guru yaitu kurangnya motivasi siswa, kurangnya dukungan dari orang tua dan penggunaan handphone secara berlebihan. Solusi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan melakukan kerjasama antara guru dan orang tua siswa, memberikan motivasi dan melaksanakan kegiatan keagamaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...