Masalah utama dalam penelitian ini yakni masih Kurangnya kemampuan dan minat untuk menggunakan teknologi multimedia sebagai media pembelajaran sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran guru menyampaikan ilmu secara searah sehingga siswa hanya sebagai penerima, pencatat dan pengingat saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada kelas kontrol pada pretest mendapatkan nilai rata-rata 57 dan setelah penerapan pembelajaran bahasa Indonesia secara konvensional mendapatkan nilai posttest 64. Pada kelas eksperimen sebelum penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada pretest dengan nilai ratarata 62, sedangkan pada posttest meningkat dengan nilai rata-rata 78,5. Hasil analisis uji-t tentang pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa. Menunjukkan hasil bahwa nilai signifikasi yang diperoleh baik yaitu pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (Sig = 0,002) lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,021 < 0,05). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa yang H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa diterima.
Copyrights © 2025