Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animsai Powtoon terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di Tk Iqra’ Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy eksperimen. Subjek penelitian penelitian berjumlah 20 anak yang terbagi dalam dua kelompok: B2 (10 anak) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa video animasi Powtoon, dan kelas B1 (10 anak) sebagi kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tujuh butir item dengan empat kategori penilaian, yaiti bb (1), MB (2), BSH (3), dan BSB (4). Analisis data diawali dengan uji normaliatas dan uji homogenitas untuk memastikan distribusi data kesamaan dan varians. Setelah dipastikan normal dan homogen, dilanjutkan dnegan uji hopotesi menggunakan paired smple t-test dan independen saple t-test. Hasil analisis menunjukan adanya peningkatan skor yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen, yaitu rata-rata sebasar 70 poin, dibandingakan dengan kelompok kotrol yang mengalami kenaikan sebesar 55 poin. Tentunya ini menunjukkan bahwa video animasi Powtoon memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini. Dengan demikian, media pembelajaran berbasia video animasi Powtoon dapat menjadi altenatif yang efektif dalam peningkatan aspek perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun khususnya kemampuan menyimak.
Copyrights © 2025