Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 3 (2025): Volume 10 No3 September, 2025

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB BERBASIS HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI NGANDUL 1 TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Novia Ade Lestari (Unknown)
Trisiana, Anita (Unknown)
Rizkasari, Elinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitan ini bertujuan untukk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah peserta didikkkelas SD Negeri Ngandul 1 dalam menyalesaikan soal matematika berbasis HOTS, khususnya pada materi KPK dan FPB. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi,wwawancara, dan dokementasi. Penelitian ini menggunakan subjek melibatkan pesertaadidiik, guru kelas IV, serta orang tua wal murid kelas IV SD Negeri Ngandul 1. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan dari Miles dan Huberman.Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik, Berdasarkan hasil temuan selama didapatkan informasi mengenai kemampuan peserta didikk dalam memecahkan soal cerita matematika terkait KPK dan FPB berbasis HOTS. Penelitian ini mengambil 3 sampel yaitu peserta didik dengan kategori nilai tinggi yang mampu menyelesaikan soal pemecahan maslah secara baik, pesertaadidikkyang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan membedakan bentuk soal cerita dengan baik dan masih kesulitan dalam membedakan soal cerita, dan terakhir dengan kategori nilai rendah tidak mampu dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...