Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERIPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL KATUPAT DI SEKOLAH DASAR

Rafiah, Siti (Unknown)
Jannah, Fathul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Permasalahan utama yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III dalam konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran KATUPAT. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat sesi pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa kelas III di SD Negeri 1 Banua Hanyar pada semester genap tahun ajaran 2024–2025. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, dengan penyajian data dalam bentuk persentase. Penelitian ini mengintegrasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa, yang tercermin dari persentase siswa yang tergolong "sangat terampil" yang meningkat dari 37% pada pertemuan pertama menjadi 89% pada pertemuan keempat. Berdasarkan temuan tersebut, model pembelajaran KATUPAT terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III SD Negeri 1 Banua Hanyar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...