Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN KETERAMPILAN EMPATI UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PHUBBING DI SMK ABDUL AZIZ BALUNG JEMBER: PENELITIAN KUANTITATIF

Anggraini (Unknown)
Hikmatul Maghfiroh, Nasruliyah (Unknown)
Bhennita Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Fenomena phubbing, yaitu kebiasaan mengabaikan orang di sekitar karena terlalu fokus pada ponsel, menjadi masalah serius di lingkungan sekolah, terutama di SMK Abdul Aziz Balung Jember. Perilaku ini dapat mengganggu hubungan sosial antar siswa, mengurangi empati, serta menghambat komunikasi yang baik. Karena kesadaran rendah dan intervensi psikologis yang minim, perlu dilakukan penelitian untuk mengatasi masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana konseling kelompok dengan keterampilan empati dapat mengurangi perilaku phubbing. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol yang tidak setara. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerima konseling kelompok dengan keterampilan empati, dan kelompok kontrol yang tidak menerima perlakuan apa pun. Alat yang digunakan adalah skala perilaku phubbing yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata perubahan skor perilaku phubbing pada kelompok eksperimen adalah 23,13 dengan standar deviasi 2,23, sedangkan pada kelompok kontrol hanya 4,00 dengan standar deviasi 0,53. Perbedaan ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami penurunan signifikan dalam perilaku phubbing dibandingkan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan keterampilan empati efektif dalam mengurangi phubbing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...