Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

STRATEGI MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA TRANSFORMASI PENDIDIKAN

Wahyu Candra Dewi (Unknown)
Daryati (Unknown)
Eni Prasetyaningrum (Unknown)
Puspa Dewi Maharani (Unknown)
Khairul Rizal (Unknown)
Dr. Ngurah Ayu Nyoman M, M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Dalam menghadapi tantangan transformasi pendidikan di era Kurikulum Merdeka, penting bagi para pendidik dan pengelola pendidikan untuk mengimplementasikan manajemen pengembangan kurikulum yang efektif dan adaptif. Artikel ini membahas berbagai strategi dalam manajemen kurikulum yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip pembelajaran yang lebih fleksibel dan berorientasi pada peserta didik, artikel ini menganalisis bagaimana pengembangan kurikulum dapat disesuaikan untuk meningkatkan daya saing dan relevansi pendidikan di Indonesia. Selain itu, artikel ini mengeksplorasi hubungan antara manajemen kurikulum, kompetensi guru, serta penerapan Kurikulum 2013 sebagai landasan awal dalam transisi menuju sistem pendidikan yang lebih inklusif dan berbasis pada kebutuhan siswa. Melalui studi literatur dan implementasi di berbagai lembaga pendidikan, ditemukan bahwa pendekatan yang terintegrasi dan berfokus pada karakter siswa, serta relevansi materi ajar dengan perkembangan industri, dapat mempercepat proses pencapaian tujuan pendidikan nasional di era Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...