Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS GUPPI TAIPALE`LENG

Nurul Alwia (Unknown)
Andi Sugiati (Unknown)
Akbar aba (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Pancasila berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Taipale’leng. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pancasila yang masih bersifat konvensional dan minim interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Pancasila berbasis Project Based Learning (PjBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Taipale'leng. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen, dari nilai pretes sebesar 52,7 menjadi nilai postes sebesar 74,4 yang sebagian besarnya melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...