Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS HIKAYAT DENGAN TEKS CERPEN SISWA FASE E SMKN 1 KOTO BARU

Elka Dola Safitri (Unknown)
Dina Ramadhanti (Unknown)
Rahayu Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membandingkan teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E di SMKN 1 Koto Baru. Ketidakpahaman siswa dengan materi teks hikayat dan teks cerpen terutama struktur dan kaidah kebahasaan menyebabkan siswa merasa kesulitan ketika diminta untuk membandingkan teks hikayat dan teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode SQ3R.terhadap pembelajaran membandingka teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E SMKN 1 Koto Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diolah berupa angka. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan rancangan penelitian adalah one-group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa fase E SMKN 1 Koto Baru. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ialah kelas X Agriter 2 yang terdiri dari 22 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes esai kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan membandingkan teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E SMKN 1 Koto Baru. Berdasarkan uji Hipotesis yang telah dilakukan diketahui Thitung = 5,97 dan Ttabel = 1,72 untuk α = 0,05 dan n=22. Kesimpulannya H0 ditolak karena Thitung ˃Ttabel. Dengan demikian, penerapan metode SQ3R memberikan pengaruh terhadap kemampuan emampuan membandingkan teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E SMKN 1 Koto Baru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...