Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV Di SDN Gugus II Narmada. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Dasan Tereng yang merupakan bagian dari Gugus II Narmada. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain quasi eksperiment dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SDN 1 Dasan Tereng sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV B SDN 1 Dasan Tereng sebagai kelas kontrol, penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik multivariate of variance (MANOVA) dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai (sig. 0.00 < 0.05; kontribusi 43.66) untuk keterampilan kolaborasi, nilai (sig. 0,00 < 0.05; kontribusi 45.92) untuk motivasi belajar IPAS, serta nilai (sig. 0,00 < 0.05) untuk keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS secara simultan. Hal ini menunjukkan (H₀) ditolak dan (Hₐ) diterima, yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV di SDN Gugus II Narmada.
Copyrights © 2025