Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

KELAYAKAN DAN EFEKTIFITAS PRODUK EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KAHOOT! PADA IPAS KELAS V SDN SEMERU 6

Hudzaifah (Unknown)
Teti Rostikawat (Unknown)
Dendy Saeful Zen (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan evaluasi pembelajaran berbasis Kahoot pada topik “Indonesiaku Kaya Hayatinya” di kelas V SDN Semeru 6 Kota Bogor. Latar belakang penelitian adalah penggunaan evaluasi konvensional yang masih memunculkan kecurangan serta rendahnya motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil validasi menunjukkan produk sangat layak, dengan penilaian ahli media 94%, ahli bahasa 96%, ahli materi 92%, respons siswa 93%, dan respons guru 92%. Dari 20 soal yang dikembangkan, 15 dinyatakan valid dengan reliabilitas tinggi. Tingkat kesukaran rata-rata berada pada kategori sedang (0,57) dan daya pembeda baik (0,69). Uji efektivitas melalui N-Gain menghasilkan skor 0,22 (rendah), dengan peningkatan rata-rata nilai dari 47 menjadi 59. Dengan demikian, produk dinyatakan sangat layak digunakan, meskipun efektivitas peningkatan hasil belajar masih rendah. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Hasil Belajar, Kahoot, Kelayakan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...