Penelitian ini bertujuan mengembangkan evaluasi pembelajaran berbasis Kahoot pada topik “Indonesiaku Kaya Hayatinya” di kelas V SDN Semeru 6 Kota Bogor. Latar belakang penelitian adalah penggunaan evaluasi konvensional yang masih memunculkan kecurangan serta rendahnya motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil validasi menunjukkan produk sangat layak, dengan penilaian ahli media 94%, ahli bahasa 96%, ahli materi 92%, respons siswa 93%, dan respons guru 92%. Dari 20 soal yang dikembangkan, 15 dinyatakan valid dengan reliabilitas tinggi. Tingkat kesukaran rata-rata berada pada kategori sedang (0,57) dan daya pembeda baik (0,69). Uji efektivitas melalui N-Gain menghasilkan skor 0,22 (rendah), dengan peningkatan rata-rata nilai dari 47 menjadi 59. Dengan demikian, produk dinyatakan sangat layak digunakan, meskipun efektivitas peningkatan hasil belajar masih rendah. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Hasil Belajar, Kahoot, Kelayakan
Copyrights © 2025