Perkembangan teknologi yang pesat di bidang pendidikan mendorong guru untuk mengintegrasikan media interaktif seperti Wordwall untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, khususnya pada pembelajaran IPS materi kekayaan budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan media interaktif Wordwall, menganalisis motivasi belajar siswa, dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Kekayaan Budaya Indonesia di kelas IV SDIT Al-Khairiyah Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memilih materi budaya karena memiliki daya tarik visual dan relevansi dengan kehidupan siswa. Guru menyesuaikan konten pembelajaran dalam permainan Wordwall, merancang kegiatan pembelajaran, dan mengimplementasikannya secara langsung di kelas. Motivasi belajar siswa tercermin dari antusiasme, perhatian, dan minat yang tinggi selama proses pembelajaran. Respon siswa menunjukkan keterlibatan aktif, seperti rasa tertantang, refleksi terhadap materi, dan kemudahan dalam memahami konsep. Penggunaan Wordwall menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Copyrights © 2025