Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA MELALUI METODE BRAINSTORMING UNTUK MENGEMBANGKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Imroatussolihah (Unknown)
Imamudin (Unknown)
Munawaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Dalam mengembangkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memerlukan salah satu metode yaitu metode brainstorming untuk mengembnagkan hasil belajar siswa. Dan peneliti menggunakan metode brainstorming dengan metode kuantitatif dalam penelitian. Penelitian Kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian pendidikan Dimana penelitian memutuskan apa yang akan diteliti. Penelitian Kuantitatif bertujuan untuk mengukur dan menganalisis data secara statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampel yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Pekalongan II yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis statistik hasil belajar pretest dengan rata-rata 54.50 dan posttest 73.38. Hasil uji Normalitas Shapiro Wilk menunjukkan nilai signifikan 0.23 > 0.05 yaitu normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan homogen yaitu 0,51 > 0,05. Hasil uji t-test yang diperoleh nilai signifikan 0.000 > 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variable awal dan variable akhir. Berdasarkan hasil N-Gain ternormalisasikan menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas pre eksperimen sebesar 0. 4745 termasuk kategori sedang. Kategori ini menujukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode brainstorming memberikan peningkatan hasil belajar yang cukup efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...