Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 Sleman pada mata pembelajaran IPAS dengan menerapkan metode demonstrasi berbasis volcano eruption experiment. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 Sleman yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk keaktifan belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbasis volcano eruption experiment memiliki pengaruh signifikan terhadap meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata dari hasil observasi keaktifan siswa. Keaktifan belajar siswa meningkat dari 34% pada kondisi awal menjadi 53% pada siklus I, dan mencapai 90,9 % pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi berbasis volcano eruption experiment terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.
Copyrights © 2025