Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

PARTISIPASI MASYARAKAT NAGARI AMPING PARAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN PADA KONSERVASI PENYU AMPING PARAK

wahyuni maharani (Unknown)
Sri Rahmadani (Unknown)
Isnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini membahas partisipasi masyarakat Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan dalam program konservasi penyu. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tingginya ancaman kepunahan penyu akibat praktik pengambilan telur untuk konsumsi maupun diperjualbelikan. Namun, melalui intervensi konservasi yang melibatkan masyarakat, pemerintah nagari, serta Dinas Kelautan dan Perikanan, terjadi perubahan perilaku masyarakat dari pengambil telur menjadi pelindung aktif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bentuk partisipasi masyarakat dalam konservasi penyu serta peran aktor yang terlibat. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Amping Parak berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti edukasi, patroli pantai, pendataan penyu, menjaga kebersihan pantai, hingga perawatan penyu. Perubahan paradigma ini diperkuat dengan adanya organisasi Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) yang berperan sebagai penggerak konservasi. Berdasarkan teori Tangga Partisipasi Arnstein (1969), tingkat partisipasi masyarakat berada pada level Partnership (kemitraan), yang ditandai dengan keterlibatan aktif dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan kegiatan konservasi. Penelitian ini menegaskan bahwa keterlibatan masyarakat tidak hanya berdampak pada keberhasilan pelestarian penyu, tetapi juga mendorong perkembangan ekowisata dan peningkatan ekonomi lokal. Dengan demikian, konservasi penyu di Nagari Amping Parak menjadi contoh nyata bagaimana partisipasi masyarakat dapat menciptakan keberlanjutan lingkungan sekaligus manfaat sosial ekonomi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...