Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA SEKOLAH DASAR

Nurrohmatul Amaliyah (Unknown)
Dwi Putri Novisari (Unknown)
Abd Rahman A. Ghani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS di SDN Grogol Utara 03 Pagi Jakarta Selatan tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kelas 5 sebanyak 40 siswa. Dengan sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan sampel kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar IPS dan angket motivasi belajar siswa. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA ada dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah (3) adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS. Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match dan Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...