Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo, serta pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (β = 0,298, sig = 0,00), (2) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (β = 0,608, sig = 0,000), (3) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = 0,432, sig = 0,000), (4) lingkungan sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = –0,571, p = 0,000), (5) efikasi diri berpengaruh negatif melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (-0,136 ≤ 0,432), (6) lingkungan sekolah berpengaruh negatif melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (-0,279 ≤ -0,571), dan (7) motivasi sebagai variabel intervening berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = 0,432, sig = 0,000). berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = -0,458, sig = 0,008).
Copyrights © 2025