Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

ETNOMATEMATIKA PADA TABAK MELAYU RIAU SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR

Ella Maida, Dila (Unknown)
Zetra Hainul Putra (Unknown)
Zufriady (Unknown)
Muhammad Fendrik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali unsur-unsur geometri pada tabak Melayu Riau yang dapat dijadikan sumber belajar matematika yang lebih mendalam, bermakna, dan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik mengenai pentingnya melestarikan budaya sebagai warisan nenek moyang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian etnografi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian yaitu human instrument atau peneliti sebagai instrument utama penelitian yang menentukan fokus penelitian, memilih informan, melakukan pengumpulan data, mengevaluasi, keabsahan data serta menganalisis dan menafsirkan data. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan adanya konsep geometri bangun datar dan bangun ruang pada budaya tabak Melayu Riau. Konsep-konsep yang ditemukan dapat dijadikan sumber belajar dalam mengenal dan mempelajari materi geometri melalui budaya yang mulai tergerus oleh modernisasi, globalisasi, dan kurangnya kesadaran generasi muda untuk mempelajari budaya lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...