Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Terbit

PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR BERBASIS MIND MAPPING KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GURU KELAS SEKOLAH DASAR

Muhamad Firdaus (Unknown)
Elfandry Bayunanda (Unknown)
Susiaty, Utin Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Masalah penelitian ini terletak pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sedangkan pemecahan masalah matematika merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran matematika. Untuk memahami matematika dasar diperlukan suatu kemampuan memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran matematika itu sendiri. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan alur peta pikir guru dalam menstruktur kemampuan pemecahan masalahnya sehingga dapat tersampaikan dengan baik kepada siswanya sendiri. Berdasarkan sifat peta pikir yang menunjukkan grafik hubungan antara materi dan jika ada materi prasyarat, sistem pembelajaran berbasis komputer (prototipe) yang dirancang diharapkan mampu menjadi adaptif dan mengarahkan pembelajaran matematika dasar sesuai dengan kemampuan pemecahan masalah setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengembangan rancangan prototype sistem pembelajaran matematika dasar berbasis mind mapping kemampuan pemecahan masalah guru kelas sekolah dasar, 2) mengetahui karakteristik karakteristik mind mapping kemampuan pemecahan masalah guru kelas sekolah dasar dalam penerapannya di pembelajaran matematika dasar. Metode dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan rancangan model 4D Thiagarajan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) setelah melihat hasil nilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, Prototype Sistem Pembelajaran Matematika Dasar Berbasis Mind Mapping Kemampuan Pemecahan Masalah yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas; 2) karakteristik mind mapping kemampuan pemecahan masalah guru kelas sekolah dasar dalam penerapannya di pembelajaran matematika dasar sudah sesuai dengan mind mapping kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar dimana ditunjukkan dengan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori 80,39% siswa tuntas secara klasikal dari keseluruhan 51 siswa yang mengerjakan soal posttest.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...