Penelitian ini menyoroti permasalahan dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS. Untuk mengatasi hal ini, penelitian bertujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa setelah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) diterapkan melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor siswa. Skor terendah naik dari 38 menjadi 75, dan skor tertinggi meningkat dari 69 menjadi 100. Analisis statistik menggunakan paired t-test juga mengonfirmasi adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan kolaborasi siswa di kelas eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, memberikan solusi yang teruji untuk masalah yang diteliti.
Copyrights © 2025