Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS

Safira, Nurlia (Unknown)
Mustakim (Unknown)
Nasriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini menyoroti permasalahan dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS. Untuk mengatasi hal ini, penelitian bertujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa setelah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) diterapkan melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor siswa. Skor terendah naik dari 38 menjadi 75, dan skor tertinggi meningkat dari 69 menjadi 100. Analisis statistik menggunakan paired t-test juga mengonfirmasi adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan kolaborasi siswa di kelas eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, memberikan solusi yang teruji untuk masalah yang diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...