Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa motivasi belajar siswa setelah penerapan model Project Based Learning pada materi klasifikasi tumbuhan di MTsN Kuta Baro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2014. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.1 MTsN Kuta Baro berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes tertulisuntuk hasil belajar kognitif siswa, tes berpikir kritis untuk kemampuan berpikir kritis siswa, lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa, dan angket motivasi model ARCS untuk motivasi belajar siswa. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa model PjBL berdampak positif terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya, aktivitas belajar siswa berkategori sangat baik dan motivasi belajar siswa berkategori baik.
Copyrights © 2016