PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 7 No 2 (2025): Journal on Pedagogical Mathematics

INQUIRY BASED LEARNING: STUDI EKSPERIMEN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Mutahri, Murtada (Unknown)
Amin, Nursafitri (Unknown)
Aprisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majene dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai taraf signifikansi , sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan minat belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu berdasarkan uji N-Gain pada kelas eksperimen untuk minat belajar matematika dan hasil belajar matematika sebesar 0,7 atau dapat dikatakan penerapan model inquiry based learning termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol N-Gain sebesar 0,4 baik minat belajar matematika dan hasil belajar matematika termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquirybased learning terhadap minat belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...