e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 6, No 3 (2018): (September-Desember) e-JIPSD

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PENERIMAAN DIRI SISWA

Rahmadani, Febi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Sebagian besar siswa mengalami kesulitan berhubungan dengan orang lain diasumsikan disebabkan oleh gambaran diri yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan konsep diri dengan penerimaan diri siswa.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian siswa SMP 18 Padang berjumlah 635 orang, pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling yang berjumlah sebanyak 245 orang. Pengumpulan datan menggunakan angket dan data dianalisis menggunakan persentase dan Pearson Product Moment Corelation. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) tingkat konsep diri berada pada kategori cukup baik, (2) tingkat penerimaan diri berada pada kategori cukup baik, dan (3) terdapat hubungan positif  yang signifikan antara  konsep diri dengan penerimaan diri siswa dengan koefisien korelasi 0,118 dan taraf signifikansi 0,033.Kata Kunci: Konsep Diri, Penerimaan Diri, Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...