e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): (Agustus-Desember) e-JIPSD

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE DI KELAS IV SDN 05 2X11 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Ivo, Gayatri (Unknown)
Zainil, Melva (Unknown)
Fitria, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan model Think Talk Write di kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari hasil: (a) RPP siklus I rata-rata 78,22% (B), siklus II 92,8% (A), (b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 81,25% (B), siklus II 96,8% (A), (c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 81,25% (B), dan siklus II 96,8% (A), (d) hasil belajar siswa siklus I rata-rata 77, dan siklus II 87,3. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model Think Talk Write  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.Kata Kunci : Hasil Belajar; Pembelajaran matematika; Think Talk Write

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...