Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi struktur dan fungsi dari jaringan tanaman melalui penerapan model pembelajaranDirect Instructions berbantuan multimedia. Penelitian ini dilakukan dari Juni 2014 sampai Februari 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 sampai XI IPA5 SMA Negeri 1 Bandar Baru, Pidie Jaya, Indonesia, dengan jumlah125 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA1) dan kelas kontrol (XI IPA2) yang terdiri dari 24 dan 25 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes yang terdiri dari 50 item tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dapatmeningkat melalui penerapan Direct Instruction berbantuan multimedia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016