e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 6, No 2 (2018): (Mei-Agustus) e-JIPSD

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

maryah, helvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 102 siswa dan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik sampling yaitu propotional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu angket kebiasaan belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika siswa tergolong sedang.  Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai r hitung daripada nilai r tabel, yaitu 0,820 > 0,218. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar matematika, siswa kelas IV

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...