Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 102 siswa dan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik sampling yaitu propotional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu angket kebiasaan belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika siswa tergolong sedang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai r hitung daripada nilai r tabel, yaitu 0,820 > 0,218. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar matematika, siswa kelas IV
Copyrights © 2018