Jurnal EduBio Tropika
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal EduBio Tropika

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Evie Palenewen (Universitas Mulawarman)
Dewi Mayasari (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran reciprocal teaching dengan pembelajaran tutor sebaya pada pokok bahasan klasifikasi mahluk hidup kelas VII di SMP Negeri 32 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 32 Samarinda yang berjumlah 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan kelas VII-A dan kelas VII-B masing-masing sebanyak 25 siswa. Kelas pertama menggunakan pembelajaran reciprocal teaching dan kelas kedua menggunakan pembelajaran tutor sebaya. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitin diperoleh thitung = 3,21 dan ttabel = 2,00 berarti nilai thitung ttabel pada taraf signifikan 5%, Dengan demikian dapat disimpulkan, ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran reciprocal teaching dengan pembelajaran tutor sebaya pada pokok bahasan klasifikasi mahluk hidup.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...