Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol. 7 No. 6 (2024): Jurnal Disrupsi Bisnis

E-WOM, Social Media Marketing dan E-Trust: Era Baru dalam Keputusan Pembelian Online

Susilowati, Heni (Unknown)
Azzahra, Annisa Annur (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Pergeseran perilaku konsumen ke arah pembelian online menjadi salah satu pendorong perubahan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM, Social Media Marketing dan E-Trust terhadap keputusan pembelian online pada e-commerce Shopee. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang telah melakukan keputusan pembelian online pada market place Shopee di Sragen. Pemilihan sampel didasarkan pada rumus Lemeshow menggunakan non probabity sampling dengan tehnik accidental sampling diperoleh 100 responden. Kuisioner disebarkan dengan bantuan google form melalui instastory Instagram dan story Wathapp, selanjutnya diukur dengan skala Liker 1-5. Metode analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM dan E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online pada marketplace Shopee. Namun Social Media Marketing tidak mampu membuktikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online pada Shopee. Adjusted Kemampuan E-WOM, social media marketing, dan e-trust mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 59,7% sisanya 40,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...