Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol. 8 No. 3 (2025): Jurnal Disrupsi Bisnis

Pengaruh Financial Knowledge, Personal Innovativeness, Social Influence, dan Artificial Intelligence Literacy terhadap Behavioral Intention pada Fintech Market Comparison

Triani , Nina Eka (Unknown)
Setiawan, Budi (Unknown)
Wulandari, Try (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Financial Knowledge, Personal Innovativeness, Social Influence dan Artificial Intelligence Literacy Terhadap Behavioral Intention Pada Fintech Market Comparison: Studi Kasus pada Mahasiswa di Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan ialah data primer melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 responden. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah confirmatory composite analysis, convergent validity dan reability, diskriminant validity, model fit, structural model assesment, colinearity, R2, F2, Q2 dan Path Coefficient. Hasil penelitian Path Coefficient pada variabel Financial Knowledge, Personal Innovativeness dan Social Influence  memiliki pengaruh yang positif  tetapi tidak signifikan, variabel  Artificial Intelligence Literacy memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention pada Fintech Market Comparison. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil Path Coefficient FK  -> BI dengan nilai Original Sample positif 0.149 dan hasil P Values 0.147, PI  -> BI dengan nilai Original Sample Positif 0.023 dan hasil P Values 0.897. SI -> BI  dengan nilai Original Sample positif 0.187 dan hasil P Values 0.076, kemudian AL -> BI dengan nilai Original Sample positif 0.264 dan hasil P Values 0.033. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi perusahaan fintech dalam merumuskan strategi komunikasi nilai organisasi dan sistem penghargaan yang relevan dan menarik bagi generasi muda, khususnya mahasiswa, guna meningkatkan adopsi layanan berbasis kecerdasan buatan di platform perbandingan pasar fintech.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...