Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
Vol. 5 No. 2 (2024): Design As Strategy Case Studies - Part 1

Perancangan Permainan Kartu Bahasa Indonesia dengan Three Layered Thinking Model

Putra, Juliana Suhindro (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Perancangan ini mengatasi tantangan pengajaran topik drama yang dihadapi oleh Guru Bahasa Indonesia di sebuah SMP di Tangerang. Meskipun telah mencoba metode roleplay, siswa merasa malu dan kurang percaya diri karena harus mengikuti naskah buku pelajaran. Sebagai solusi, penulis mengembangkan media pembelajaran menggunakan permainan kartu dengan konsep Game Based Learning (GBL), yang menggabungkan aspek permainan dalam proses belajar. GBL ini dirancang dengan menggunakan Three Layered Thinking Model, terdiri dari tahap Pedagogic Level (tujuan pembelajaran & tujuan permainan), Design Level (desain permainan), dan Achievement Level (capaian tujuan dengan tantangan, kepuasan, dan peningkatan keterampilan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dan permainan yang langsung berkaitan dengan tujuan pembelajaran memberikan dampak positif pada efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam topik drama. Temuan ini dapat menjadi acuan berharga untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSDIS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, ...