Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 1 Talkandang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Prosedur penyelidikan informasi yang digunakan adalah informasi subjektif yang tidak salah lagi dan informasi penjelasan kuantitatif. Untuk informasi subjektif memanfaatkan lembar persepsi terhadap pelaksanaan model PBL, wawancara, dokumentasi. Sementara itu, informasi kuantitatif berasal dari konsekuensi menghilangkan pertanyaan-pertanyaan penalaran yang menentukan dengan titik puncak individu dan pemenuhan kelompok. Ketuntasan individu lebih tinggi dari rata-rata KTP dengan nilai 80,8 hal ini terlihat dari hasil ketuntasan klasikal yang menunjukkan lebih tinggi dari kriteria minimal klasikal. Kesimpulannya, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan akibat penerapan model problem based learning (PBL) pada kelas IV IPA SD Negeri 1 Talkandang.
Copyrights © 2024