CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 8 No 2 (2024): AGUSTUS - DESEMBER

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 1 TALKANDANG

Bramantha, Heldie (Unknown)
Susilowati, Gisca Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 1 Talkandang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Prosedur penyelidikan informasi yang digunakan adalah informasi subjektif yang tidak salah lagi dan informasi penjelasan kuantitatif. Untuk informasi subjektif memanfaatkan lembar persepsi terhadap pelaksanaan model PBL, wawancara, dokumentasi. Sementara itu, informasi kuantitatif berasal dari konsekuensi menghilangkan pertanyaan-pertanyaan penalaran yang menentukan dengan titik puncak individu dan pemenuhan kelompok. Ketuntasan individu lebih tinggi dari rata-rata KTP dengan nilai 80,8 hal ini terlihat dari hasil ketuntasan klasikal yang menunjukkan lebih tinggi dari kriteria minimal klasikal. Kesimpulannya, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan akibat penerapan model problem based learning (PBL) pada kelas IV IPA SD Negeri 1 Talkandang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...