CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 8 No 1 (2024): JANUARI - JULI

HUBUNGAN POLA ASUH IBU DALAM PEMBERIAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI (BB/TB) ANAK USIA 36-70 BULAN

Aluf, Wilda Al (Unknown)
Zakiyah, Mutmainnah (Unknown)
Suhartin, Suhartin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Rendahnya status gizi Masyarakat merupakan salah satu masalah Kesehatan dan social yang terjadi di Indonesia. Nutrisi yang baik dan cukup, status kesehatan yang baik, pengasuhan yang benar, dan stimulasi yang tepat pada periode ini akan membantu anak untuk tumbuh sehat dan mampu mencapai kemampuan optimalnya sehingga dapat berkontribusi lebih baik dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh ibu dalam pemberian gizi seimbang dengan status gizi balita (BB/TB) di TK Al-Ma’arif Pujer. Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan rancangan Cross Sectional, sampel dalam penelitian ini adalah balita (36-70 bulan) diambil dengan Teknik Total Sampling, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, timbangan, pengukuran tinggi badan dan buku antropometri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hamper seluruh balita di TK Al-Ma’arif Pujer berstatus gizi normal yaitu 18 balita (78,3%), 3 balita memiliki status gizi gemuk (13%), dan 2 balita memiliki status gizi kurus (8,7%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan pola asuh ibu dengan status gizi pada balita yakni (p value = 0,001) dengan nilai α = 0,05, hal tersebut disebabkan karena tidak semua makanan bergizi itu mahal, sehingga bisa dirasakan oleh siapapun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...