PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2024): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan menggunakan model problem based learning di SMP Negeri 4 Kisaran

Sartika, Dewi (Unknown)
Anim, Anim (Unknown)
Sitorus, Marudut (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan belajar siswa dalam topik perbandingan menggunakan pendekatan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 4 Kisaran. Salah satu tantangan dalam pengajaran perbandingan adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Model Problem Based Learning (PBL) dipilih sebagai metode pembelajaran yang memfokuskan siswa pada pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan tes akhir yang dilakukan dalam dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kemajuan belajar siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat mempengaruhi kemajuan belajar dalam memahami materi perbandingan yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai yang siginifikan pada tes akhir dikarenakan model ini melibatkan siswa dalam pemecahan masalah nyata dan relevan dalam kehidupan sehari-hari dan hasilnya siswa dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan matematika yang kompleks dan memiliki kesiapan untuk menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...