Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2023): November 2023

Urgensi Menyimak Intensif Pada Kurikulum Merdeka di Kalangan Pelajar

Novitasari, Desi (Unknown)
Zilla, Natasya Erdina (Unknown)
Pramesti, Rindu Ajeng (Unknown)
Hasanudin, Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

abstrak—Menyimak intensif dapat diartikan sebagai bentuk menyimak yang melibatkan ketekunan , perhatian, serta ketelitian. Sehingga penyimak memahami secara luas. Penelitian ini bertujuan agar memahami urgensi menyimak intensif pada kurikulum merdeka di kalangan pelajar. Metode yang digunakan merupakan metode library research, dengan menggunaan data sekunder, teknik penelitian berupa teknik simak, libat dan catat, sementara jenis validasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah menyimak intensif pada kurikulum merdeka di kalangan pelajar memiliki peran penting seperti: 1) meningkatkan kemampuan menyimak intensif 2) peningkatan pemahaman terhadap materi pembelajaran 3) peningkatan konsentrasi dan fokus 4) pengembangan kemampuan analisis 5) peningkatan kemampuan berbicara dan berkomunikasi. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 5 upaya urgensi menyimak intensif pada kurikulum merdeka di kalangan pelajar.Kata kunci—Kurikulum Merdeka, Menyimak Intensif, PelajarAbstract— Intensive listening can be interpreted as a form of listening that involves diligence, attention, and thoroughness. So that listeners understand widely. This study aims to understand the urgency of intensive listening to the independent curriculum among students. The method used is a library research method, using secondary data, research techniques in the form of listening, engaging and recording techniques, while the type of validation uses triangulation techniques. The results of this study are intensive listening to the independent curriculum among students has an important role such as: 1) improving intensive listening skills 2) increasing understanding of learning material 3) increasing concentration and focus 4) developing analytical skills 5) improving speaking and communication skills. The conclusion of this study is that there are 5 urgent efforts to listen intensively to the independent curriculum among students.Keywords— Independent Curriculum, Intensive Listening,  For Students

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jubah Raja adalah akronim dari Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Jurnal ini merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitan yang berkaitan dengan ...