Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran
Vol. 3 No. 2 (2024): November 2024

Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Teks Anekdot dengan Menerapkan Metode Experiental Learning pada Siswa Kelas X

ulfa, siti maria maria (Unknown)
Pranoto, Agung (Unknown)
Ariani, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

abstrak—Peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan sumber daya manusia, dari segi kemampuan tanggung jawab sebagai manusia yang berpendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui  hasil penerapan metode pembelajaran eksperimental memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan menulis siswa kelas X 3 SMA Negeri 6 Surabaya. Dalam penelitian ini, diterapkan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan seluruh anggota kelas yang berjumlah 36 peserta didik. Sampel penelitian ini dilakukan dalam dua siklus menggunakan metode konvensional pada siklus satu, kemudian menerapkan metode experiental learning pada siklus dua. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan adanya kesenjangan dalam hasil belajar menggunakan metode konvensional dan pembelajaran yang menerapan metode experiental learning dalam menulis teks anekdot pada siswa. Siswa yang diajarkan menggunakan metode experiental learning mendapatkan nilai rata-rata  tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan metode pembelajaran  konvensional, hasil ini menunjukkan keefektifan siswa dalam  peningkatan hasil menulis teks anekdot  menggunakan metode experintal learning.Kata kunci—Experiental learning, menulis, teks anekdot Abstract—Improving the overall quality of education is one of the steps in increasing human resources, in terms of the ability to take responsibility as an educated human being. The purpose of this study is to find out the results of the application of experimental learning methods that affect the writing of anecdotal texts in grade X 3 students of SMAN 6 Surabaya. In this study, a qualitative descriptive research approach was used involving all members as many as 36 students. The sample in this study was taken into two cycles using the conventional method in cycle one, then applying the experintal learning  method in cycle two. The results of this study show that there is a difference from the learning outcomes using conventional methods and the application of the experintal learning  method in writing anecdotal texts to students. Students who are taught using the experintal learning method  get a high average score when compared to students who use the conventional method, this result shows the effectiveness of students in improving the results of writing anecdotal texts using the experintal learning method.Keywords—Experintal learning, writing, anecdotal texts

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jubah Raja adalah akronim dari Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Jurnal ini merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitan yang berkaitan dengan ...