Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 2, No 5: Mei 2017

BELAJARAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MEMAHAMKAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

Widi Ardianto (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Cholis Sa’dijah (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Dedi Kuswandi (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

This research purposes to describe scientific instruction using manipulative media to improve student’s conceptual understanding on addition and substraction of integers. This research is Classroom Action Research (CAR). The results showed that through observing, questioning, experimenting, reasoning, and communicating stages of scientific instruction can improve student’s understanding of mathematical concepts by 8.6% and the thoroughness of learning outcomes by 11.11% thereafter two cycles.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran saintifik berbantuan media manipulatif yang dapat memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran saintifik dengan tahapan-tahapan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan diperoleh hasil peningkatan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 8,6% dan ketuntasan hasil belajar sebesar 11,11% setelah dilaksanakan dua siklus.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...