ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 3 No 4 (2024): Anthor 2024

Kendala dan Solusi Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Tantangan Global

Urfa, Mufthia (Unknown)
Fitri, Risda Ramada (Unknown)
Herda, Suci Nurzazili (Unknown)
Putra, Muhammad Jaya Adi (Unknown)
Sari, Mutia Yulita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah dasar serta solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan tersbut di tengah era globalisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara terhadap 5 orang guru di SD Negeri 012 Teluk Pinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi oleh guru meliputi kurangnya pemahaman tentang konsep pendidikan karakter, minimnya keterlibatan orang tua, pengaruh media sosial dan teknologi, serta keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Untuk mengatasi kendala tersebut, guru mengusulkan solusi seperti peningkatan kapasitas guru, memperkuat kolaborasi antara sekolah dan orang tua, memanfaatkan teknologi sebagai alat pendukung pembelajaran karakter, serta mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan penerapan solusi-solusi tersebut, diharapkan pendidikan karakter di sekolah dasar dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan karakter siswa.

Copyrights © 2024