ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 3 No 5 (2024): Anthor 2024

Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Menumbuhkan Toleransi Beragama di Kalangan Siswa-Siswi SMPN 37 Medan:: Perspektif Alkitab

Sihite, Mutiara Angelica Hasian (Unknown)
Sigab, Ribka Elstin (Unknown)
Agave, Kezia Erica (Unknown)
Sipayung, Stephanie (Unknown)
Tambunan, Septi Permai Natasya (Unknown)
Sinaga, Daniel (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Menurut kepercayaan orang beriman, dapat membantu menyelamatkan kehidupan manusia. Agama sangat penting untuk kehidupan manusia, dan pada dasarnya merupakan sumber moralitas dan petunjuk. toleransi adalah sikap atau sifat manusia untuk ingin mengikuti aturan yang menentukan sikap saling menghargai, menghormati, dan menerima satu sama lain.Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, analisis, dan argumen, yang dimana dengan mengumpulkan data melalui wawancara pendidik dan peserta didik, berkaitan dengan kajian yang dilakukan sehingga ditemukan hasil mengenai judul penelitian. Penelitian dilakukan disalah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri 37 Medan. Penerapan ketedalan oleh Guru di SMPN 37 MEDAN sudah ditanamkan pada siswa-siswi dengan baik, Guru Bahasa Indonesia yang memiliki identitas beragama kristiani menanmkan sifat saling mengasihi dengan peserta didik,dalam Kitab Yakobus, dijelaskan bahwa "Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik." (Yakobus 3:17).

Copyrights © 2024